Pembuatan Desain Musik Anak Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Walkband bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi
Teknologi digital telah menjadi pilar utama dalam mengubah paradigma pendidikan di seluruh dunia. Revolusi teknologi ini telah membuka pintu baru untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pembelajaran, serta memberikan tantangan dan peluang baru bagi para pendidik, siswa, dan institusi pendidikan. Seiring berjalannya waktu, inovasi teknologi digital terus berkembang dengan pesat, memberikan dampak yang mendalam dan meluas pada cara mengajar, belajar, dan berinteraksi dalam konteks pendidikan. Kondisi ini tentu saja harus dipahami oleh segenap elemen pendidikan, terutama oleh guru sebagai aktor utama dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Kemajuan teknologi yang mengglobal ini sangat berpengaruh pada semua aspek- aspek kehidupan terlebih para pelajar yang pada dasarnya harus mengikuti perkembangan teknologi di era milenium pada semua aspek pembelajaran. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan teknologi adalah aspek seni dan budaya. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran seni dan budaya sangat beragam dan telah didukung pula oleh berbagai platform digital dalam bentuk aplikasi, terutama aplikasi yang dapat digunakan pada telepon pintar (smartphone). Fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi smartphone untuk mendukung proses pembelajaran cukup bervariatif. Hal ini tentu saja perlu diimbangi oleh kemampuan dari guru dalam menguasai teknologi digital, khususnya dalam membantu proses pembelajaran.
Pembuatan Desain Musik Anak Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Walkband bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Cimahi ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki skema penerapan teknologi seni tepat guna. Pengabdian pada masyarakat ini dirancang untuk memberikan pengalaman bagi guru-guru di tingkat sekolah dasar untuk menggunakan teknologi digital pada proses pembelajaran seni budaya. Mitra sasar dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru-guru seni budaya yang tergabung dalam PGRI di kota Cimahi. Luaran yang dihasilkan adalah produk dari implementasi teknologi digital pembuatan desain musik anak dalam bentuk karya audio yang dipresentasikan dalam kegiatan pentas seni. Berdasarkan hasil pelaksanaan abdimas yang telah dilakukan, para guru sebagai peserta mampu mengoperasikan aplikasi dan membuat desain musik sederhana untuk anak, yang pada akhir kegiatan dipresentasikan langsung. Hasil dari kegiatan abdimas yang telah dilakukan ini adalah peningkatan kompetensi dan kreativitas guru dalam menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran seni budaya, sehingga teknologi tersebut dapat diimplementasikan secara langsung di sekolah